Home » World News » Islam News » Prinsip-prinsip Komunikasi dalam Islam

Prinsip-prinsip Komunikasi dalam Islam

Friday, August 17th, 2007 | Islam News, World News

Apabila membahas masalah media maka kata komunikasi tidak akan pernah luput darinya. Seperti yang telah di utarakan bahwa media merupakan alat komunikasi. Kita tidak dapat menghindari komunikasi. Bahkan ketika kita diam, kita juga berkomunikasi. Ketika seorang pejabat mengatakan No comment”, ia sebetulnya sedang menyampaikan komentarnya. Begitu dekatnya kita dengan komunikasi, sehingga kita perlu berkomunikasi untuk menghindari komunikasi.
Dengan berkomunikasi manusia mengekspresikan dirinya, membentuk jaringan sosial, dan mengembangkan kepribadiannya. Para pakar psikologi dan komunikasi sepakat menyatakan bahwa kegagaln komunikasi berakibat fatal baik secara individual maupun sosial. Secara individual kegagalan komunikasi menimbulkan frustasi, alienasi, an penyakit-penyakit jiwa lainnya. Secara sosial, kegagalan komunikasi menghambat saling pengertian, kerjasama, toleransi, dan merintangi pelaksanaan norma-norma sosial.
Didalam Al Qur’an kata kunci untuk komunikasi adalah Al Bayan, selain itu kata kunci yang banyak untuk komunikasi yang banyak disebut dalam Al Qur’an adalah al-qawl. Dengan memperhatikan kata ”qawl” dalam konteks perintah, kita dapat menyimpulkan enam prinsip komunikasi:

1. qawlan sadidan ( QS 4:9)
qawlan sadidan artinya pembicaraan yang benar, jujur, lurus, tidak bohong, tidak berbelit-belit. Prinsip komunikasi yang pertama ini adalah berkata benar. Ada beberapa makna dari pengertian benar.
Sesuai Dengan Kriteria Kebenaran
Untuk orang islam ucapan yang benar tentu ucapan yang sesuai dengan al-Qur’an, Al-Sunnah, dan Ilmu. Al Qur’an menyatakan bahwa berbicara yang benar, menyampaikan pesan yang benar, adalah prasarat untuk kebenaran( kebaikan, kemaslahatan) amal. Bila kita ingin memperbaiki masyarakat kita, kita harus menyebarkan pesan yang benar. Dengan kata lain masyarakat menjadi rusak bila isi pesan komunikasi tidak benar, bila orang menembunyikan kebenaran karena takut akan ketidakstabilan. Menurut Alfred Korzybski, ahli psikologi, penyakit jiwa seseorang timbul karena menggunakan bahasa yang tidak benar. Makin gila sesorang maka semakin cenderung ia memakai kata-kata yang salah atau kata-kata yang menutupi kebenaran. Ada beberapa cara menutupi kebenaran dengan komunikasi. Pertama, menutupi kebanaran dengan kata-kata yang sangat abstrak, ambiguitas atau menimbulkan penafsiran yang asng berlainan. Kedua, menutupi kebenaran dengan menciptakan istilah yang diberi makna lain. Istilah itu berupa eufimisme atau pemutar balikan makna sama sekali. Contoh: harga tidak dinaikkan tapi disesuaikan, masyarakat rawan pangan” padahal kelaparan, dan istilah-istilah lain.
Tidak Bohong
Arti kedua dari qawlan sadidan adalah ucapan yang jujur, tidak bohong. Nabi Muhammad bersabda  Jauhi dusta, karena dustamembawa kamu kepada dosa, dan dosa membawa kamu kepada neraka. Lazimkanlah berkata jujur, karena jujur membawa kamu kepada kebajikan, dan membawa kamu kepada surga.
2. qawlan balighan(QS 4: 63)
Kata baligh” dalam bahasa Arab artinya sampai, mengenai sasaran, atau menciptakan tujuan. Jadi qawlan balighan artinya jelas maknannya,terang, tepat mengungkapkan apa yng dikehendaki. Oleh karena itu qawlan balighan dapat diterjemahkan sebagai prinsip komunikasi yang efektif.
Bagaimana Al-Qur’an merinci prinsip qawlan balighan?
Pertama, qawlan balighan terjadi bila komunikator menyesuaikan pembicaraanya dengan sifat-sifat khalayak yang dihadapinya. Komunikator baru efektif, apabila ia menyesuaikan pesannya dengan kerangka rujukan dan medan pengalaman khalayaknya. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman” tidak kami utus seorang Rasul kecuali ia harus menjelaskan dengan bahasa kaumnya.(QS 14: 4)
Kedua, qawlan balighan terjadi bila komunikator menyentuh khalayaknya pada hati da otaknya sekaligus. Aristoteles peernah menyebut tiga cara persuasi(mampengaruhi manusia) yang efektif: ethos, logos,da pathos. Dengan ethos sebenarnya kita merujuk kepada kalitas komunikator. Komunikator yang jujur, dapat dipercaya, memiliki pengetahuan yang tinggi, akan sangat efektif mempengaruhi khalayaknya. Dengan logos, kita meyakinkan orang lain dengan kebenaran argumen kita. Kita mengajak mereka berfikir, menggunakan akal sehat, ndan membimbing sikap kritis. Kita tunjukkan bahwa kita benar, karena secara rasional argumen kita harus diterima. Dengan pathos kita  bujuk” khalayak untuk mengikuti pendapat kita.
Sebenarnya masih ada empat prinsip komunikasi dalam Al Qur’an yaitu : qawlan masyuran, qawlan layyinan, qawlan kariman, dan qawlan ma’rifan, namun penulis hanya memfokuskan pembahasan pada dua prinsip yang telah di kemukakan.


Tags: , , ,

previous post: LAPORAN

next post: VARIABEL Penelitian

Toshiba K01 Snapdragon-based Windows mobile handset

Toshiba K01 Snapdragon-based Windows mobile handset – Toshiba debuted K01, its Snapdragon-based Windows mobile

Waterproof Speaker Cases for the iPods, Get Focal Aquatune!

Japanese company(Focal)  has released new waterproof speaker enclosures, they are the AquaTune v2 and

The USB Keyboard Bra

The USB Keyboard Bra from Angel Kitty was probably conceived in a junk food

Compal Communications lowers handset shipment target for 200

Compal Communications has lowered the target of its handset shipments for 2008 from 60
Your Ad Here