Home » Education Resources » CIRI-CIRI INOVASI

CIRI-CIRI INOVASI

Thursday, September 27th, 2007 | Education Resources

Keuntungan relatif
Yaitu sejauh mana inovasi dianggap menguntungkan bagi penerimanya. Tingkat keuntungan atau kemanfaatan suatu inovasi dapat diukur berdasarkan nilai ekonominya, atau mungkin dari faktor status sosial (gengsi), kesenangan, kepuasan atau karena mempunyai komponen yang sangat penting. Makin menguntungkan bagi penerima makin cepat tersebarnya inovasi. Misalnya penggunaan internet oleh UKM, internet digunakan dengan dilihat dari segi bagaimana internet dapat membantu mendorong usaha mereka, menghasilkan uang bagi mereka. Bagi kalangan akademis, internet dicermati dari sisi bagaimana ia dapat menjadi sarana pertukaran ilmiah.


Kompatibel (compatibility)
Ialah tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai (values), pengalaman lalu, dan kebutuhan dari penerima. Inovasi yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang diyakini oleh penerima tidak akan diterima secepat inovasi yang sesuai dengan norma yang ada. Misalnya mempertimbangkan penggunaan internet berdasarkan konsistensinya pada nilai-nilai, pengalaman dan kebutuhannya. Bagi seorang eksekutif, internet sangat sesuai karena dengan itu mereka dapat mencari segala informasi dengan cepat secara realtime tanpa harus meninggalkan ruangan tempat mereka bekerja. Bagi kalangan akademis, internet akan memudahkan mereka untuk mencari narasumber bagi penelitian ilmiah dan yang paling penting apakah informasi yang ditemukan dari internet dapat kompatibel dengan informasi atau medium yang biasa digunakan.

Kompleksitas (Complexity)
Tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima. Suatu inovasi yang mudah dimengerti dan mudah digunakan oleh penerima akan cepat tersebar, sedangkan inovasi yang sukar dimengerti dan sukar digunakan oleh penerima akan lambat proses penyebarannya. Misalnya tingkat kesukaran atau kompleksitas yang akan dihadapinya jika mereka memanfaatkan internet, artinya bagi individu yang tidak dapat mengoperasikan komputer tentu akan mengalami tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding individu yang sudah terbiasa menggunakan komputer. Tingkat kesulitan tersebut berhubungan dengan pengetahuan dan kemampuan seseorang untuk mempelajari instilah-istilah dalam penggunaan internet, kemampuan atau ketrampilan teknis.

Triabilitas (Triability)
Dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima. Suatu inovasi yang dicoba akan cepat diterima oleh masyarakat daripada inovasi yang tidak dapat dicoba lebih dulu. Misalnya mengurangi ketidakpastian, mempunyai kemungkinan untuk diuji coba terlebih dahulu oleh para adopter untuk mengurangi ketidakpastian mereka terhadap internet. Internet juga mempunyai kemungkinan untuk dicoba oleh para adopter secara relatif mudah di berbagai tempat, baik di kantor, di warnet, di rumah teman, dll. Kemampuan ini membantu para calon pengguna menentukan sikap menerima atau menolak inovasi internet.

Dapat diamati (Observability)
Mudah tidaknya diamati dan dirasakan suatu hasil inovasi. Suatu inovasi yang hasilnya mudah diamati akan makin cepat diterima oleh masyarakat. Sebaliknya, inovasi yang sukar diamati akan lama diterima oleh masyarakat. Misalnya dalam penggunaan internet untuk inovasi mudah diterima karena mudah diamati.


Tags: , , , ,

previous post: FILAFAT PERENIALISME

next post: Forensic scientist

PENTAX to advertise a bound copy white K2000 bifold zoom DSL

PENTAX Imaging Company has appear a bound edition, white PENTAX K2000 DSLR arrangement with

Construktivisme | Teori Konstruktivisme

Lebih dua dasa warsa terakhir ini, dunia pendidikan mendapat sumbangan pemikiran dari teori konstruktivisme

The end of anonymity on the Internet?

Great News Blog – As the joke goes, on the Internet nobody knows you’re

Healthy Gaming: Video Game For Stroke Rehabilitation

Engineers at Rutgers, The State University of New Jersey, have modified a popular home
Your Ad Here